Wednesday 1 February 2012

Sekilas tentang perawat di Malaysia

Perawat di Malaysia dikenal dengan nama juru rawat. Namun banyak jg yang menggunakan bahasa Inggris "nurse". Perawat di Malaysia ini minimal harus lulus diploma in nursing (D3) untuk dapat bekerja sebagai perawat. Setelah lulus, harus mengikuti ujian tertulis untuk mendapatkan license (surat ijin) sebagai seorang tenaga kesehatan yang boleh menolong pasien (pesakit dalam bahasa Melayunya). License ini dikeluarkan oleh Nursing Board Malaysia atau yang disebut juga Lembaga Jururawat Malaysia (LJM). Tes ini tidaklah mudah. Tidak sedikit dari para peserta yang mesti mengulang sampai 2 atau 3 kali untuk dapat lulus, sebab soal-soal yang diberikan berupa soal kasus seperti ujian NCLEX di Amerika. Setelah mereka lulus barulah mereka boleh bekerja sebagai seorang jururawat. Kemudian yang berbedanya lagi di Malaysia, dalam memberikan tindakan perawatan kepada pasien berdampingan dengan profesi lain, yaitu dokter dan Medical Assisstant (MA). Nah, mungkin sebagian dari kita baru dengar ya tentang MA?Ma ini adalah sebuah profesi yang bertugas untuk membantu dokter. Posisinya sedikit di atas perawat. Jadi berada di antara perawat dan dokter.
Jururawat atau Perawat di Malaysia dapat terus melanjutkan jenjang pendidikannya. Namun ada syaratnya. Seorang diploma keperawatan yang ingin melanjutkan ke jenjang Degree (S1) harus memiliki pengalaman di klinik (clinical experience) sedikitnya 1 tahun. Nah itulah sedikit yang bisa aku share dengan temen-teen mengenai perawat di Malaysia. Itu pun sebatas yang aku tahu aja selama aku bekerja dan kuliah disini..
Good luck!

7 comments:

  1. kalo saya s1 keperawatan (ners) tp baru lu2s bisa ngga? dimana/bagaimana jalur yg mudah biar bisa bekerja di malaysia, maksudnya mengetahui lowongan kerja perawat di malaysia? trims

    ReplyDelete
  2. Untuk bekerja di Malaysia mesti ada pengalamn kerja minimal 3 th d bidangnya.jd bersabar dlu mas. Cari pengalaman dlu aja di Indonesia sebagai perawat. Hal itu dikarenakan jg adanya peraturan dr imigrasi Malaysia bhw unruk mendapatkan visa kerja minimal berusia 27 tahun.

    ReplyDelete
  3. Saya dah berumur 28 tahun dari indonesia sudah 6 tahun penglaman krja bisa daftar tidak

    ReplyDelete
  4. Saya dah berumur 28 tahun dari indonesia sudah 6 tahun penglaman krja bisa daftar tidak

    ReplyDelete
  5. Mas bagi info donk klo ada loker perawat dmalaysia

    ReplyDelete
  6. Saya lulusan d3. Kalau ikut uji license di malaysia bisa tidak ya? Karna di indonesia belum ada.terimakasih

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete